Apa Yang Dimaksud UMKM dan Jenis-Jenis UMKM

ketika membahas perekonomian Indonesia, pasti tidak akan lepas membahas seputar UMKM. kenapa UMKM begitu sangat penting terhadap perekonomian Indonesia?

karena UMKM merupakan roda penggerak perekonomian Indonesia. Selain memiliki jumlah kelompok usaha yang paling besar, kelompok UMKM juga tahan dari berbagai berbagai macam krisis ekonomi, tidak aneh jika beberapa pengamat menyamakan antara UMKM dengan UKM, walau berdeda antar keduanya.

maka dari itu pula, pemerintah mengatur UMKM kedalam Undang-Undang guna memperkuat sektor UMKM, yang tentu sangat melibatkan banyak kelompok. Mari kita bahas lebih lanjut tentang Pengertian UMKM.

Pengertian UMKM


Pengertian UMKM

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Merujuk pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM, UMKM adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan.

Pengertian UMKM Menurut Para Ahli :

Pengertian UMKM adalah sebagai aktivitas usaha skala kecil yang mendukung pergerakan pembangunan serta perekonomian Indonesia. Prof. Ina Primiana - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran 

UMKM adalah badan usaha dengan profit kurang dari 200 juta Rupiah, dihitung dari laba tahunan. M. Kwartono Adi


Kriteria UMKM

Definisi Kriteria UMKM adalah nilai kekayaan bersih atau nilai aset tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, atau hasil penjualan tahunan. Berikut adalah kriteria UMKM :

1.1. Usaha mikro

Usaha Mikro adalah usaha produktif milik perseorangan atau badan usaha perseorangan. Usaha mikro merupakan unit usaha yang memiliki aset paling banyak Rp.50 juta dan omset paling besar Rp.300 juta. 

contoh usaha mikro : Jajanan Tradisional, Toko Sembako. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang usaha mikro lihat artikel Usaha Mikro.

1.2. Usaha kecil

Usaha Kecil adalah Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha. Usaha kecil merupakan unit usaha dengan nilai aset lebih dari Rp. 50 juta dengan omset paling besar Rp.500jt

contoh usaha kecil : fashion, kuliner dan contoh usaha kecil lainnya bisa lihat di artikel kami

1.3. Usaha menengah

Usaha menengah adalah Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha. Usaha menengah merupakan unit perusahaan dengan nilai kekayaan bersih lebih dari Rp.500 juta hingga paling banyak Rp.100 milyar hasil penjualan tahunan.

contoh usaha menengah: grosir mainan anak, furniture dan contoh lainnya bisa lihat disini.

Sejumlah lembaga pemerintahan seperti Departemen Perindustrian dan Badan Pusat Statistik (BPS), selama ini juga menggunakan jumlah pekerja sebagai ukuran untuk membedakan kriteria UMKM. menurut Badan Puat Statistik (BPS), usaha mikro adalah unit usaha dengan jumlah pekerja tetap hingga 4 orang, usaha kecil antara 5 sampai 19 pekerja, dan usaha menengah dari 20 sampai dengan 99 orang. Perusahaan-perusahaan dengan jumlah pekerja di atas 99 orang masuk dalam kategori usaha besar.


Faktor Perkembangan UMKM di Indonesia

2.1. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

manfaat teknologi informasi merupakan faktor Perkembangan UMKM di indonesia, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian bahwa salah satu kesuksesan bisnis adalah penunjang sarana teknologi yang baik dan juga tepat sasaran. Pada tahun 2017, 8 juta UMKM sudah go digital.

2.2. Kemudahan Pinjaman Modal

dukungan perbankan di Indonesia menjadi faktor Berkembangnya UMKM di Indonesia, karena dengan adanya pembiayaan dari perbankan dan alokasi kredit khusus untuk UMKM, para pelaku usaha bisa melebarkan sektor usahanya.


Peran UMKM bagi Ekonomi Indonesia

3.1. Membuka Lapangan Pekerjaan

Terbukanya Peluang Kerja baru bagi masyarakat indonesia. UMKM biasanya menentukan persyaratan lapangan pekerjaan tanpa kualifikasi yang spesifik, sehingga dapat dilamar oleh masyarakat dengan tingkat pendidikan yang rendah.

3.2. Mendorong Kondisi Ekonomi yang Lebih Merata 

Dalam mewujudkan kondisi ekonomi merata, salah satu caranya dengan menguatkan UMKM. Bahkan, melalui usaha ini, kondisi ekonomi usaha di kota kecil maupun usaha di daerah pedesaan juga akan ikut terdorong dan bertumbuh.

tanpa harus menuju ke pusat kota besarpun Masyarakat mampu mendapatkan beragam produk jasa secara langsung di daerahnya. Bisa . 

3.3. Meningkatkan Devisa Negara

Devisa Negara merupakan salah satu faktor yang menunjukkan kondisi ekonomi sebuah negara.

Jika UMKM nya kuat dan berkembang dan mampu memproduksi barang berkualitas hingga menarik perhatian konsumen luar negeri, maka negara akan menerima pemasukan tambahan dari kegiatan eksportir.

3.4. Memacu Ekonomi di Situasi Kritis

Pada tahun 1997 silam, Indonesia krisis mengalami krisis moneter. pada waktu itu harga tidak terkendali, akan tetapi berkat sektor UMKM masyarakat mampu memenuhi kebutuhannya.

terjadi juga Dalam masa pandemi virus Covid-19, ketika adanya anjuran untuk tidak beraktivitas di luar rumah, sebagian kegitan ekonomi lumpuh. akan tetapi berkat sektor UMKM, masyarakat mampu dalam memenuhi kebutuhannya. Karena dalam masa pandemi covid-19 pelaku UMKM beradaptasi menawarkan barang dan jasanya secara online, sehingga lebih mudah dijangkau masyarakat dan kegiatan ekonomi tetap berjalan.

3.5. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat secara Akurat

pelaku wirausaha dikenal juga dengan sebutan wirausahawan UMKM, pada umumnya lebih memahami kebutuhan apa saja yang sedang dibutuhkan masyakat. karena pelaku usaha UMKM berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian.


 

Kesimpulan

Pengertian UMKM merupakan badan usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan. UMKM berperan penting terhadap roda perekonomi indonesia.

1 Komentar untuk "Apa Yang Dimaksud UMKM dan Jenis-Jenis UMKM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel